Berita Dunia Islam Terdepan

Pejuang IIA lakukan infiltrasi, 16 tentara pro-pemerintah Afghan tewas

Sebagian besar Provinsi Helmand kini berada di bawah kendali IIA. (Foto: AP)
560

HELMAND (Arrahmah.com) – Seorang pejuang Imarah Islam Afghanistan (IIA) melakukan aksi penyusupan dan membunuh 16 milisi pro-pemerintah Afghanistan di provinsi Helmand, Afghanistan selatan.

Penyerang telah bergabung di tubuh milisi tersebut selama berbulan-bulan sebelum membalikkan senjatanya dan melancarkan serangan terhadap mereka pada Sabtu (10/2/2018) malam di sebuah pos pemeriksaan di distrik Gerishk.

“Kami tahu bahwa seorang pejuang Taliban membunuh 16 militan yang bertempur di sisi pasukan pemerintah,” ujar juru bicara untuk gubernur provinsi Helmand, mengatakan kepada Reuters pada Senin (12/2).

Media lokal mengatakan Taliban (IIA) mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. Penyerang bergabung dengan IIA setelah berhasil melarikan diri dari pos pemeriksaan dengan membawa senjata, TOLO news melaporkan.

Hampir seluruh wilayah Helmand kini berada di bawah kendali IIA.

Serangan seperti ini, di mana tentara atau polisi Afghanistan membalikkan senjata mereka dan menyerang rekan-rekan mereka, telah menjadi masalah utama bagi pasukan Afghanistan dan asing.

Juni lalu, tiga tentara AS tewas di Afghanistan timur dalam serangan serupa.

Pembunuhan tersebut menimbulkan ketidakpercayaan yang tajam di antara pasukan lokal dan asing, bahkan saat insiden semacam itu telah menurun dalam beberapa tahun terakhir. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...