Berita Dunia Islam Terdepan

Qatar beri bantuan darurat senilai $ 9 juta ke Gaza

Warga Palestina, khususnya orang tua, orang sakit dan cacat, berkumpul untuk menyerukan upaya internasional untuk menyelamatkan Gaza dari krisis kemanusiaan [Monitor Timur Tengah]
166

GAZA (Arrahmah.com) – Kepala komite nasional Qatar untuk rekonstruksi Gaza, Duta Besar Mohammed Al-Emadi, mengatakan pada Kamis (8/2/2018) bahwa Emir Qatar telah memerintahkan untuk memberikan bantuan darurat ke Jalur Gaza yang terkepung senilai $ 9 juta.

“Ini akan membantu warga Palestina di Gaza di tengah kondisi kemanusiaan yang memburuk karena kekurangan obat-obatan, bahan bakar untuk rumah sakit dan bahan makanan pokok yang akut,” ungkapnya, sebagaimana dilansir Middle East Monitor.

Duta Besar tersebut menjelaskan bahwa dia akan mengunjungi wilayah Palestina yang diduduki akhir bulan ini untuk melaksanakan perintah Emir Qatar dan mengkoordinasikan mekanisme distribusi hibah Qatar.

“Bantuan ini terutama mendukung sektor kesehatan dengan menyediakan dan membeli obat-obatan, pasokan medis dan bahan bakar yang dibutuhkan untuk mengoperasikan generator listrik di rumah sakit, serta menyediakan bahan makanan pokok,” tambahnya.

Selama kunjungannya ke Gaza, Duta Besar Al-Emadi akan meresmikan proyek yang dilaksanakan oleh Komite Qatar.

Baru-bari ini pada Kamis (8/2/2018), Emir Qatar berbicara via telepon dengan kepala biro politik Hamas, Ismail Haniyeh. Kantor Berita Qatar mengatakan Sheikh Tamim Bin Hamad Al-Thani dijelaskan selama panggilan telepon itu mengenai kondisi kemanusiaan yang kritis dari orang-orang yang terkepung di Gaza dan tentang kekurangan bahan bakar, yang menyebabkan penutupan beberapa rumah sakit dan klinik di Gaza.

Selama beberapa tahun, Qatar telah melaksanakan proyek untuk merehabilitasi infrastruktur dan jalan di Gaza serta proyek lainnya dengan biaya hampir setengah miliar dolar AS.

Jalur Gaza, di mana lebih dari 2 juta orang Palestina tinggal, menderita kondisi yang memburuk karena blokade selama 11 tahun oleh Israel.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...