Berita Dunia Islam Terdepan

Tentara Nasional Yaman ambil alih 85% wilayah Taiz dari Houtsi

Tentara Yaman
1,036

SANAA (Arrahmah.com) – Tentara Nasional Yaman (YNA) telah merebut kembali 85 persen kota Taiz dari kelompok bersenjata Houthi, Yemen Today melaporkan.

Front militer di provinsi Saada di Yaman utara telah mencapai kemenangan terhadap kelompok Houtsi, kata YNA kepada Yemen Today. Arab Saudi terus mendukung YNA dengan serangan udara.

Awal pekan ini, YNA merebut kembali distrik Hays yang berada di provinsi Hudaydah selatan. Di Provinsi Baydah, YNA sekarang memegang kendali direktorat Nati dan telah menyebar pasukannya ke kubu Houtsi di provinsi Saada, dan merebut kembali provinsi Baqam.

Meskipun beberapa kejadian baru-baru ini di Aden, Yaman selatan, Houtsi tidak mengalami kemanjuan di front Pantai Barat dan mendorong pasukannya untuk merebut kembali wilayah yang hilang di distrik Khokha. Wilayah tersebut berhasil dikuasasi YNA yang bertempur bersama Dewan Transisi Selatan yang didukung UEA dan suku Thima yang berbasis di Pantai Barat.

Jenderal Nasser Al-Dhaybani, seorang komandan militer YNA, mengatakan awal pekan ini bahwa pasukannya bergerak mendekati ibukota Sana’a yang dikuasai Houtsi “setiap hari”.

Perang Yaman meletus pada tahun 2014 ketika Houtsi mengambil alih Sana’a. Sekitar 10.000 orang Yaman telah terbunuh akibat kerusuhan di negara ini.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...