Sebut Khamenei Firaun, Putra Tokoh Syiah Iran Ditangkap

47

TEHERAN (Arrahmah.com) – Situs-situs Iran melaporkan bahwa pihak berwenang Iran pada Senin (5/2/2018) menahan Hussein al-Shirazi, putra Sadiq al-Shirazi, tokoh Syiah yang terkenal di Qom, karena sebuah ceramah di mana dia menggambarkan Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei sebagai “Firaun, lansir Al Arabiya.

Situs berita corong pemerintah Iran menerbitkan salinan surat perintah penangkapan al-Shirazi, dan mengatakan bahwa jaksa agung Qom telah menetapkan bahwa pidato tersebut merupakan kritik terbuka terhadap praktik rezim Iran dan hukum-hukum berasaskan Wilayatul Faqih yang diwariskan Ayatollah Khomeini. Pihak berwenang menangkap Hussein pada Senin pagi.

Menurut sebuah rekaman video yang diunggah di YouTube sebagai bagian dari ceramah yang disampaikan oleh Hussein al-Shirazi beberapa pekan yang lalu, dia membandingkan hukum Wilayatul Faqih dengan peraturan Firaun, yang menjelaskan tirani Iran dan metode penindasannya melawan pengunjuk rasa, pengkritik dan penentang.

Hanya saja, mereka menawarkan gagasan ekstremis yang memicu sektarianisme di wilayah tersebut sehingga dianggap bertentangan dengan prinsip-prinsip intelektual, menurut laporan media Arab tersebut.

Garda Revolusi mulai membatasi pertumbuhan Shirazi setelah Mohammed Shirazi – tokoh ternama keluarga Shirazi – mendukung gagasan Dewan Syura sebagai pengganti aturan absolut wilayatul Faqih setelah meninggalkanya Khomeini.

Al-Shirazi juga menentang fatwa Khamenei terkait larangan menebas kepala dengan pedang seperti yang dilakukan oleh beberapa orang selama upacara asyura.

Setelah penentangan ini, al-Shirazi dibungkam, pengaruhnya dibatasi dan dia menjalani tahanan rumah sampai kematiannya pada tahun 2001.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.