Berita Dunia Islam Terdepan

Jet Rusia targetkan rumah sakit di zona de-eskalasi Suriah

Kerusakan di Rumah Sakit yang diserang oleh Rusia di distrik Kafr Nabl, yang merupakan bagian dari zona de-eskalasi di Idlib, Suriah pada 5 Februari 2018. (Foto: Ahmet Hatib / Anadolu Agency)
198

IDLIB (Arrahmah.com) – Jet tempur Rusia pada Senin pagi (5/2/2018) menargetkan sebuah rumah sakit sipil di distrik Kafr Nabl di wilayah yang berada dalam jaringan zona de-eskalasi, provinsi Idlib, Suriah barat laut.

“Serangan udara Rusia gagal menimbulkan korban jiwa, namun rumah sakit tersebut tidak bisa beroperasi,” Menteri Kesehatan di pemerintahan pro-Oposisi Suriah, Firas Jundi, mengatakan kepada Anadolu Agency.

Abu Bahar, seorang komandan oposisi yang mengawal sebuah observatorium udara yang didirikan di wilayah tersebut oleh pasukan anti-rezim, mengatakan bahwa dua pesawat tempur Su-35 Rusia telah lepas landas dari pangkalan Pangkalan Udara Khmeimim sebelum menargetkan Rumah Sakit Kafr Nabl.

Ia mengatakan awalnya ia memperhatikan bahwa rumah sakit tidak terkena serangan pada tembakan pertama.

“Saya segera menyadari bahwa pilot mendapatkan koordinat baru. Tak lama kemudian, rumah sakit terkena serangan lagi, yang keduanya menyerang rumah sakit.”

Rusia dan Rezim Asad telah menargetkan rumah sakit di Idlib selama empat kali dalam sepekan, termasuk serangan baru-baru ini. Akibatnya rumah sakit – rumah sakit tersebut tidak dapat beroperasi.

Selama dua bulan terakhir, zona de-eskalasi Idlib telah menjadi target serangan udara yang sangat dahsyat oleh pasukan rezim Suriah dan Rusia.

Bulan lalu, tercatat 211 warga sipil gugur di Idlib, sementara 1.477 lainnya luka-luka.

Tindakan tersebut merupakan pelanggaran terang-terangan atas kesepakatan gencatan senjata yang didukung oleh Turki, Rusia, dan Iran selama perundingan damai yang sebelumnya diadakan di ibu kota Kazakhstan, Astana. (fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...