Berita Dunia Islam Terdepan

Jetnya ditembak jatuh, Rusia tingkatkan serangan di Idlib

Pejabat Rusia mengatakan pilot jet tempur naas itu tewas sesaat setelah jet terjatuh. (Foto: Reuters)
796

IDLIB (Arrahmah.com) – Rusia telah meluncurkan serangkaian serangan udara di wilayah di mana salah satu jet tempurnya ditembak jatuh oleh pejuang Suriah pada Sabtu (3/2/2018), menyebabkan puluhan orang termasuk warga sipil, gugur, menurut laporan aktivis Suriah.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR), kelompok pemantau perang yang berbasis di Inggris, mengatakan setidaknya 68 serangan terjadi pada Ahad pagi menyusul penembakan jet Suriah, lansir Al Jazeera pada Ahad (4/2).

Dikatakan sedikitnya lima orang telah terbunuh dan ribuan warga melarikan diri dari wilayah tersebut untuk menghindari pemboman.

White Helmets, sebuah kelompok penyelamat yang beroperasi di wilayah yang dikuasai pejuang, melaporkan kematian 21 warga sipil di desa-desa di sekitar tempat pesawat tempur Rusia terjatuh.

Sebelumnya, kementerian pertahanan Rusia mengklaim telah membunuh setidaknya 30 pejuang dalam serangan udara, yang dikatakan bertanggung jawab atas jatuhnya jet tersebut.

Pesawat tempur Rusia ditembak jatuh di provinsi Idlib yang merupakan salah satu zona “de-eskalasi” yang didirikan di Suriah pada Setember lalu. Namun kesepakatan tersebut tidak berarti, karena pertempuran dan serangan udara terus menggempur provinsi itu. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...