Berita Dunia Islam Terdepan

Mesir larang mereka yang tinggal di 5 negara ini ikut pemilu

342

KAIRO (Arrahmah.com) – Seorang diplomat senior Mesir mengatakan pada Selasa (30/1/2018) bahwa negara tersebut tidak akan mengatur sistem bagi ekspatriat Mesir yang tinggal di lima negara Arab dan Afrika untuk memberikan suara dalam pemilihan presiden mendatang.

Berbicara dalam sebuah wawancara dengan surat kabar milik negara, Al-Akhbar, Wakil Menteri Luar Negeri untuk Urusan Afrika Hamdi Sanad Loza menyebut masalah keamanan dan kerusuhan politik sebagai alasan di balik keputusan tersebut.

Warga Mesir yang tinggal di Libya, Suriah, Yaman, Somalia dan Republik Afrika Tengah tidak akan bisa ikut serta dalam pemilu bulan Maret karena masalah keamanan dan ketidakstabilan politik di negara-negara tersebut, ungkap Loza.

Suriah, Libya dan Yaman telah mengalami situasi keamanan dan politik yang bergejolak sejak 2011, sementara Somalia dan Republik Afrika Tengah dilanda konflik bersenjata dan kekerasan sektarian.

Komisi Pemilihan Umum Mesir (NEC) mengumumkan pada hari Senin bahwa dua kandidat presiden mengajukan permohonan untuk pemilu yang akan datang, yaitu presiden Mesir saat ini dan pemimpin kudeta Abdel Fattah Al-Sisi dan Mousa Mostafa Mousa, pemimpin Partai Al-Ghad.

Orang-orang Mesir yang tinggal di luar negeri dijadwalkan untuk memberikan suara mereka dari tanggal 16-18 Maret sesuai jadwal yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum Nasional.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...