Berita Dunia Islam Terdepan

Kampanye anti-korupsi Arab Saudi berhasil kumpulkan 400 miliar riyal dari tersangka

Jaksa Agung Arab Saudi Syaikh Saud Al-Mujib
574

RIYADH (Arrahmah.com) – Jaksa Agung Arab Saudi Syaikh Saud Al-Mujib mengatakan pada Selasa (30/1/2018) bahwa sebanyak 56 tersangka korupsi masih dalam tahanan dari 381 orang yang ditangkap karena tuduhan korupsi.

Al-Mujib juga mengatakan bahwa hasil dari penyelesaian keuangan dari tersangka telah mencapai SR 400 miliar dalam berbagai bentuk aset, termasuk real estat, entitas komersial, saham dan dana tunai.

Jaksa Agung, sebagai anggota Komite Anti-Korupsi Agung, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa orang-orang yang dipanggil itu diminta untuk memberi kesaksian atau memberikan bukti.

“Pengkajian terhadap berkas kasus yang berkaitan dengan mereka yang dituduh melakukan korupsi telah selesai. Negosiasi dan penyelesaian keuangan dari orang-orang yang dikenai tuduhan korupsi telah berakhir, dan kasus-kasus ini telah dipindahkan ke kantor Kejaksaan untuk menyelesaikan prosedur yang relevan. Hasilnya, kantor Kejaksaan memutuskan untuk membebaskan semua individu yang tidak memiliki bukti yang cukup dan juga membebaskan semua individu yang telah melakukan penyelesaian keuangan kepada pemerintah setelah mereka menerima tuduhan korupsi terhadap mereka,” kata pernyataan tersebut, sebagaimana dilansir Saudi Gazette, Selasa (30/1/2018).

Jaksa Agung menolak untuk melakukan penyelesaian terhadap 56 orang terdakwa karena kasus pidana lainnya dan untuk menyelesaikan proses penyelidikan sebagaimana dipersyaratkan oleh undang-undang.

Dalam sebuah pengumuman sebelumnya, jaksa agung mengatakan bahwa setelah tahap penyelesaian usai, tugas komite anti-korupsi akan memasuki fase baru, merujuk tahanan ke kejaksaan.

Kantor Kejaksaan akan memeriksa kasus-kasus yang diacu oleh Komite dan menyelesaikan prosedur hukum terhadap mereka, termasuk melanjutkan penyelidikan.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...