Berita Dunia Islam Terdepan

Palestina Desak Negara-negara Arab Tolak Kunjungan Wapres AS ke Timur Tengah

Wakil Presiden A.S. Mike Pence
216

RAMALLAH (Arrahmah.com) – Pejabat Palestina dari partai Fatah dan Hamas menolak kunjungan Wakil Presiden A.S. Mike Pence ke Timur Tengah.

“Kunjungan Pence ke wilayah tersebut sama sekali tidak disukai karena dia adalah pendukung buta Israel,” kata Osama Qawasmi, juru bicara Fatah di Tepi Barat, kepada Xinhua, Sabtu (20/1/2018).

Qawasmi mengumumkan sebuah perlawanan umum di Tepi Barat, Jalur Gaza dan Yerusalem Timur terhadap pengakuan A.S. atas Yerusalem sebagai ibukota Israel.

Dia meminta negara-negara Arab untuk tidak menerima kunjungan Pence sebagai tanggapan atas deklarasi A.S. atas Yerusalem dan keputusannya untuk memotong bantuan keuangan ke Badan Bantuan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA).

“Tidak ada pembenaran untuk menerima pejabat A.S., karena pernyataannya menegaskan pengakuan Yerusalem sebagai ibu kota Israel,” kata Fawzi Barhoum, juru bicara Hamas, lansir¬†Xinhua.

Pence dijadwalkan akan mengunjungi Mesir, Yordania dan Israel selama empat hari, namun tidak akan bertemu dengan orang-orang Palestina, yang mencerminkan jalan buntu dalam usaha pemerintahan Trump untuk menengahi perdamaian antara mereka dan Israel.

Presiden A.S. Donald Trump pada bulan lalu mengumumkan pengakuan Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan pengalihan kedutaan negaranya ke sana, yang menimbulkan kemarahan dan kritik yang meluas di seluruh dunia.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...