Militer Turki umumkan ‘Operasi Cabang Zaitun’ di Afrin

19

ANKARA (Arrahmah.com) – Militer Turki pada Sabtu (20/1/2018) mengumumkan bahwa pihaknya meluncurkan “Operasi Cabang Zaitun” pada Sabtu pukul 5.00 sore waktu setempat.

Staf Jenderal Turki membuat pengumuman tersebut dalam sebuah pernyataan yang dipublikasikan di situsnya.

“Operasi cabang Zaitun telah dimulai pada 20 Januari 2018 pukul 17:00, di wilayah Afrin barat laut Suriah untuk membangun keamanan dan stabilitas di wilayah tersebut dan wilayah kami, untuk menghapus teroris PKK / KCK / PYD-YPG dan Daesh, dan untuk menyelamatkan teman dan saudara kami dari penindasan dan kekejaman mereka [teroris], kata pernyataan tersebut.

“Operasi ini dilakukan di bawah kerangka hak-hak Turki berdasarkan hukum internasional, keputusan Dewan Keamanan PBB terutama nomer 1624 (2005), 2170 (2014) dan 2178 (2014) dan sesuai dengan hak pertahanan diri berdasarkan item 51 piagam PBB, sambil menghormati integritas teritorial Suriah.”

Pernyataan itu mengatakan bahwa Operasi Cabang Zaitun ini hanya menargetkan teroris serta penampungan, senjata dan material mereka. Operasi ini juga akan mempertimbangkan sensitivitas dan tidak ada orang sipil / tidak bersalah yang akan dirugikan.

(ameera/arrahmah.com)

 

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.