Rusia menekan faksi-faksi pejuang Suriah untuk bergabung dalam Kongres Sochi

Meskipun masih ke dalam zona "de-eskalasi", Homs masih menjadi target serangan udara. (Foto: Zaman Alwasl)
691

HAMA (Arrahmah.com) – Komite Negosiasi di daerah yang dikuasai oleh pejuang Suriah di provinsi Hama dan Homs mengatakan bahwa orang-orang Rusia mendesak faksi-faksi pejuang Suriah untuk berpartisipasi dalam kongres dialog nasional di Sochi pada akhir Januari mendatang.

Bassam Sawah, juru bicara komite negosiasi lokal mengatakan Hmeimim, pangkalan udara utama Rusia di Suriah, telah menginformasikan kepada komite bahwa kesepakatan zona “de-eskalasi” akan berakhir pada pertengahan Februari. Pesan tersebut mengungkapkan putaran baru serangan udara mematikan di desa utara Homs dan selatan Hama, menurut Sawah seperti dilansir Zaman Alwasl.

Juru bicara terseut meyakinkan bahwa Rusia menggunakan perjanjian zona “de-eskalasi” sebagai alat untuk menekan mereka setelah hampir enam bulan kehidupan mulai berjalan normal di Homs meskipun terjadi beberapa pelanggaran.

Pada Selasa (9/1/2018), 2 anak terbunuh dan belasan lainnya terluka dalam serangan artileri oleh pasukan rezim Asad di pedesaan utara Homs.

Pengeboman artileri tersebut menargetkan kota Kafrlaha, kota terbesar di wilayah Al-Hola, wilayah yang dikuasai oleh oposisi Suriah.

Utara Homs adalah zona “de-eskalasi” ketiga yang disetujui oleh Iran, Turki dan Rusia di Astana pada Agustus lalu. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.