Israel dukung pemangkasan dana AS untuk Palestina

Seorang anak Palestina mengisi keranjang sepedanya selama pembagian bantuan makanan oleh UNRWA di Rafah, Gaza pada 22 Januari 2017 [Anadolu]
111

TEL AVIV (Arrahmah.com) – Israel mendukung pengurangan dana AS untuk badan PBB yang memberikan bantuan kepada pengungsi Palestina. Namun Israel lebih memilih pemangkasan dana tersebut dilakukan secara bertahap, kata seorang pejabat senior Israel pada Sabtu (6/1/2018).

Sebagaimana dilansir Palinfo, pada awal pekan ini Trump mengancam akan menahan pencairan bantuan ke Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB (UNRWA) atas apa yang dia sebut sebagai keengganan Palestina untuk melakukan pembicaraan damai dengan Israel.

Gagasan tersebut pada awalnya disambut dengan reaksi beragam di Israel. Beberapa pejabat Israel memperingatkan bahaya akibat memotong bantuan keuangan kepada orang-orang Palestina.

“Perdana Menteri (Benjamin Netanyahu) mendukung pengurangan bertahap bantuan UNRWA,” kata pejabat senior Israel, yang tidak bersedia disebut namanya.

UNRWA mendukung sebagian besar penduduk di Jalur Gaza dan pemangkasan anggaran tersebut dapat meningkatkan ketegangan dengan Israel.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.