Uji Coba Rudal Mematikan Korut Hantam Kotanya Sendiri

Korea Utara secara tidak sengaja menghantam satu kotanya dengan rudal. Gambar file menunjukkan peluncuran roket jarak menengah Korea Utara pada bulan Agustus. [Daily Mail]
2,089

PYONGYANG (Arrahmah.com) – Korea Utara secara tidak sengaja menabrak salah satu kotanya sendiri dengan sebuah rudal pada musim semi lalu, menurut sebuah laporan berita.

Majalah Diplomat melaporkan pada Rabu (4/1/2017) bahwa tes rudal jarak menengah pada tanggal 28 April 2017 gagal sesaat setelah peluncuran dan rudal tersebut jatuh di kota Tokchon, Korea Utara.

Gambar satelit menunjukkan kerusakan yang disebabkan oleh peluncuran uji coba yang gagal yang kemudian menghantam Tokchon, sebuah kota berpenduduk 200.000  jiwa di bagian dalam negara Kim Jong-un yang tertutup itu, kata seorang pejabat pemerintah AS.

Roket jarak jauh Hwasong KN-17 ditembakkan dari Lapangan Udara Pukchang di Provinsi Pyongan Selatan, 40 mil di bagian utara Pyongyang pada 28 April tahun lalu.

Tapi gagal sesaat setelah lepas landas, sebelum kemudian jatuh di daerah Chongsin-dong Tokchon, dan menghancurkan apa yang tampak seperti pertanian atau bangunan industri, lansir Daily Mail, Rabu (4/1/2017).

Namun, sulit untuk mengetahui secara detil nasib ratusan ribu warganya di sana. Karena jaringan internet dan informasi sangat sulit di negeri tertutup tersebut. 

Akibatnya warga di sana dan warga luar juga sulit mengetahui kondisi terkini. Semua informasi dikontrol penuh oleh pemerintah. 

Rudal itu diyakini meledak setelah menghantam sesuatu dan mengakibatkan kerusakan serius sebuah kompleks bangunan industri atau pertanian.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.