Menlu Turki: Israel dan AS dukung demonstrasi anti-Pemerintah di Iran

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu menyampaikan pidato dalam pertemuannya dengan perwakilan madia nasional di Ankara Palas State Guesthouse, Ankara, Turki pada 3 Januari 2018. (Anadolu Agency)
866

ANKARA (Arrahmah.com) – Menteri luar negeri Turki pada Rabu (3/1/2018) mengatakan bahwa Israel dan A.S. mendukung demonstrasi yang sedang berlangsung di Iran.

Berbicara kepada wartawan di Ankara, Mevlut Cavusoglu mengatakan bahwa dua orang yang secara terbuka mendukung kerusuhan di Iran: “Salah satunya adalah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, dan yang lainnya adalah Presiden Amerika Serikat Donald Trump.”

Cavusoglu mengatakan bahwa Turki selalu menentang intervensi eksternal seperti itu. Semua negara, lanjutnya, kecuali Israel dan A.S. melakukan pendekatan “hati-hati” terhadap demonstrasi tersebut.

Dia menyebut demonstrasi anti-Pemerintah di Iran sebagai masalah “internal” negara tetangganya.

“Situasi ini adalah urusan internal Iran. Tapi stabilitas [di Iran] juga penting bagi tetangganya. Ini penting bagi kita semua,” tandasnya.

“Kami ingin konflik di Iran ini berakhir dan stabilitas segera pulih,” imbuhnya.

Kamis lalu, warga Iran menggelar demonstrasi besar-besaran di kota-kota di timur laut Masyhad dan Kashmar untuk memprotes kenaikan inflasi dan menganggap pemerintah salah pengelolaan.

Demonstrasi ini kemudian disusul oleh demonstrasi pro-pemerintah yang diikuti puluhan ribu massa pada pada Sabtu dan Rabu.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.