Bangladesh kirim 100.000 Rohingya pertama ke Myanmar

Para pengungsi malang Rohingya mengantri mencari keselamatan di perbatasan antara Bangladesh-Myanmar. (Foto: Dhaka Tribune)
671

DHAKA (Arrahmah.com) – Pemerintah Bangladesh telah menyiapkan daftar 100.000 pengungsi Rohingya untuk dipulangkan ke Myanmar pada tahap pertama, Sekretaris Umum partai berkuasa Awami League, Obaidul Quader, mengatakan.

Quader, yang juga merupakan Menteri Transportasi, mengklaim kepada wartawan tentang pengembangan penyaluran bantuan atas nama partai berkuasa yang otoriter tersebut di antara para pengungsi Rohingya di kamp Kutupalong di Cox’s Bazar pada Jum’at sore (29/12/2017).

Dia mengatakan pertemuan tingkat sekretaris tingkat tinggi pertama dari panel kerja gabungan yang dibentuk menyusul kesepakatan dengan Myanmar untuk mengembalikan orang-orang Rohingya yang baru tiba ini telah diadakan di Dhaka pada Kamis (28/12).

“Setelah keputusan diambil dalam pertemuan tersebut, kami mengirimkan 100.000 orang Rohingya dalam tahap pemulangan pertama ke Myanmar pada hari Jum’at,” katanya.

Quader mengatakan bahwa pertemuan panel berikutnya akan diadakan di Myanmar, di mana daftar tersebut akan didiskusikan dan sebuah keputusan akan dibuat mengenai repatriasi tersebut.

Tapi waktu pemulangan bisa dikonfirmasi hanya setelah Myanmar menyetujui daftar tersebut, menurut Quader.

Dia mengulangi bahwa martabat dan keamanan para pengungsi akan dipastikan selama pemulangan. Dengan demikian, setelah para pengungsi kembali ke ‘tempat tinggal’ mereka, ‘sang pahlawan’ tersebut lepas tangan dan tak akan lagi peduli dengan keselamatan mereka. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.