Berita Dunia Islam Terdepan

Ribuan korban gempa Iran tinggal di luar rumah saat jumlah yang tewas meningkat

Korban gempa Iran tinggal di luar rumah saat jumlah yang tewas meningkat.
1,493

TEHERAN (Arrahmah.com) – Ribuan orang yang selamat dari gempa dahsyat di dekat perbatasan Iran-Irak melalui hari-harinya dalam suhu dingin dan membutuhkan makanan, air, dan perlengkapan penting lainnya.

Media Teheran pada 14 November menyebut gempa yang melanda Provinsi Kermanshah Iran itu telah mengakibatkan setidaknya 530 orang tewas dan lebih dari 8.000 lainnya terluka, lansir orient net.

Di daerah yang jarang penduduknya di seluruh perbatasan di Irak, petugas mengatakan setidaknya ada tujuh orang tewas dan lebih dari 530 lainnya luka-luka akibat gempa tersebut.

Gempa berkekuatan 7,3 SR tersebut melanda sekitar 30 kilometer barat daya kota Halabja di timur laut Irak pada 12 November.

Televisi pemerintah Iran melaporkan bahwa ribuan korban yang selamat menginap di kamp-kamp darurat atau di tempat terbuka. Pihak berwenang mengatakan beberapa kota dan hampir 2.000 desa hancur.

Beberapa desa bahkan dikatakan benar-benar telah hilang dari peta. Walikota Ezgeleh mengatakan 80 persen bangunannya telah runtuh.

Sekitar 12.000 bangunan tempat tinggal ambruk total, ungkap seorang pejabat Bulan Sabit yang berbasis di Iran, Mansoureh Bagheri.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...