Berita Dunia Islam Terdepan

Yaman terancam bencana kelaparan terbesar di dunia

Yaman menghadapi kelaparan terbesar di dunia dalam beberapa dekade dengan jutaan korban jika pengiriman bantuan tidak dilanjutkan, kata seorang pejabat senior PBB.
655

SANAA (Arrahmah.com) – Wakil Sekretaris Jenderal PBB untuk urusan kemanusiaan, Mark Lowcock mengatakan, akan terjadi bencana kelaparan terbesar dunia di Yaman jika blokade laut dan udara yang diterapkan Arab Saudi terhadap Yaman tidak dicabut.

Dewan Keamanan PBB menggelar rapat untuk membahas situasi kemanusiaan di Yaman atas permintaan Swedia setelah Arab Saudi menutup bandar udara dan laut di Yaman serta memblokir operasi bantuan kemanusiaan, termasuk pesawat bantuan PBB pasca penembakan rudal dari Yaman ke Riyadh.

Usai rapat yang diadakan tertutup tersebut, Lowcock memberikan penjelasan kepada wartawan dan mengecam serangan rudal ke Arab Saudi.

Koalisi di bawah kepemimpinan Arab Saudi mengambil beberapa tindakan pencegahan dan menutup bandar udara dan laut di Yaman, jelasnya, sebagaimana dilansir Anadolu Agency, Kamis (9/11/2017).

Lowcock juga mengatakan bahwa jika blokade tidak dicabut, akan terjadi kelaparan di Yaman, dan kelaparan ini tidak seperti kelaparan di Sudan Selatan yang melanda puluhan ribu orang atau kelaparan di Somalia, yang menyebabkan kematian 250.000 orang pada tahun 2011.

Kelaparan di Yaman, lanjutnya, akan menjadi kelaparan terbesar yang pernah dialami dunia dalam beberapa tahun terakhir dan akan berdampak bagi jutaan orang.

Lowcock menyerukan kepada Arab Saudi untuk segera mencabut blokade.

Inggris dan Prancis juga meminta semua hambatan yang menghalangi bantuan kemanusiaan ke Yaman dicabut.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...