Berita Dunia Islam Terdepan

Hamas dan Fatah capai kesepakatan pasca perundingan di Kairo

Ismail Haniyah, Kepala Biro Politik Hamas [Kanan) bertemu dengan Mayor Jenderal Mesir Hammam Abu Zheid di Kota Gaza, pada tanggal 1 Oktober 2017. [Foto: AA]
872

GAZA (Arrahmah.com) – Faksi-faksi Palestina Hamas dan Fatah telah mencapai kesepakatan setelah perundingan yang digelar sejak Selasa (10/10/2017) di ibu kota Mesir, Kairo.

“Ismail Haniyeh [ketua Hamas] baru saja mengumumkan bahwa sebuah kesepakatan telah tercapai pada hari Kamis antara gerakan Fatah dan Hamas di bawah pengawasan rakyat Mesir,” kata Taher al-Nunu, penasihat media Haniyeh dalam sebuah pernyataan pers yang dikeluarkan Kamis (12/10) pagi, sebagaimana dilansir AA.

Al-Nunu tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang isi kesepakatan tersebut.

Media Palestina mengatakan bahwa kedua fraksi tersebut akan mengadakan konferensi pers pada hari Kamis di Kairo untuk mengumumkan rincian kesepakatan itu.

Delegasi dari Hamas dan Fatah memulai perundingan rekonsiliasi di Kairo, Mesir, pada hari Selasa untuk memulihkan keretakan yang telah berlangsung selama satu dekade.

Kairo saat ini memimpin upaya untuk memulihkan perpecahan politik antara kelompok Hamas yang berbasis di Gaza dan gerakan Fatah yang berbasis di Tepi Barat.

Pekan lalu, Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah mengadakan pertemuan kabinet pertamanya di Gaza sejak pemerintah persatuan dibentuk pada tahun 2014, dalam sebuah langkah besar menuju rekonsiliasi Palestina.

Tepi Barat dan Jalur Gaza telah terbagi secara politis dan administratif sejak 2007, ketika Hamas mengambil kendali atas Jalur Gaza.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...