Berita Dunia Islam Terdepan

Suplai bantuan UNICEF pertama untuk anak-anak Rohingya tiba di Dhaka

Pengungsi Rohingya setelah menyeberangi perbatasan Bangladesh-Myanmar, di Teknaf, Bangladesh. FOTO: VOA
278

DHAKA (Arrahmah.com) – Kiriman pertama pasokan darurat UNICEF untuk ratusan ribu pengungsi anak-anak Rohingya dan keluarganya telah tiba di Dhaka, kata badan PBB tersebut.

Pesawat kargo tiba dari Kopenhagen dengan 100 ton persediaan yang terdiri dari tablet pemurni air, perlengkapan kebersihan keluarga, perlengkapan sanitasi, terpal plastik, dan perlengkapan rekreasi untuk anak-anak serta barang lainnya.

Pasokan tersebut sangat dibutuhkan bagi seperempat juta pengungsi anak Rohingya yang termasuk di antara 429.000 orang yang telah melarikan diri melintasi perbatasan dari negara tetangga Myanmar dalam beberapa pekan terakhir.

“Memastikan bahwa anak-anak dan keluarga memiliki air yang aman untuk minum dan mencuci sangat penting untuk melindungi mereka dari diare dan penyakit yang ditularkan melalui air lainnya,” kata Edouard Beigbeder, perwakilan UNICEF di Bangladesh dalam sebuah pernyataan pada Ahad (24/9/2017).

“Ini adalah ancaman yang sangat nyata mengingat situasi buruk di kamp-kamp dan pemukiman darurat tempat pengungsi Rohingya tinggal, terutama di tengah hujan deras belakangan ini”.

Kiriman berikutnya terdiri dari – tas sekolah, tenda, peralatan pengembangan anak usia dini, perlengkapan kebersihan keluarga, dan nutrisi – juga tengah dalam perjalanan ke Bangladesh.

Pasokan tersebut akan dikirimkan dengan truk ke kota selatan Cox’s Bazar.

UNICEF mengatakan bahwa pihaknya mencari $ 7.3 juta dana tambahan untuk misinya di Bangladesh selatan selama tiga bulan ke depan, namun perkiraan dana ini kemungkinan akan membesar jumlahnya karena populasi pengungsi terus bertambah. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...