Berita Dunia Islam Terdepan

Serangan udara Rusia bunuh 34 warga sipil di dekat Deir Azzur

Jet tempur Rusia. (Foto: AP)
13

DEIR AZZUR (Arrahmah.com) – Sedikitnya 34 warga sipil termasuk sembilan anak telah tewas dalam serangan udara oleh pasukan Rusia di dekat kota Deir Azzur, menurut laporan kelompok pemantau.

Rami Abdurrahman, direktur Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR), kelompok pemantau yang berbasis di Inggris, mengatakan bahwa serangan udara pada Ahad (10/9/2017) menargetkan lebih dari 40 feri yang meninggalkan kota Al-Boulil di barat daya Deir Azzur menuju pantai timur Sungai Eufrat, lansir Al Jazeera.

Tidak ada tanggapan dari pihak Rusia atas serangan tersebut.

Serangan pada Ahad terjadi saat pasukan rezim Nushairiyah pimpinan Bashar Asad melakukan ofensif terhadap pejuang ISIS di seluruh provinsi Deir Azzur dengan dukungan udara dari Rusia.

Pada Ahad (10/9), SOHR mengatakan bahwa aliansi pejuang Kurdi, SDF, telah melakukan serangan baru dan menduduki wilayah yang berjarak hanya beberapa kilometer dari kota Deir Azzur.

“Mereka menguasai puncak bukit tujuh kilometer dari tepi timur Sungat Eufrat,” ujar Abdurrahman.

Provinsi Deir Azzur kaya akan minyak dan berbatasan dengan Irak. Sejak 2014, ISIS telah menguasai sekitar 60 persen kota dan sebagian besar provinsi. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...