Berita Dunia Islam Terdepan

Turki akan membangun kamp pengungsi yang layak di Bangladesh untuk pengungsi Rohingya

Foto arsip ini diambil pada 5 September 2017 yang menunjukkan pengungsi Rohingya dari negara bagian Rakhine di Myanmar yang mendirikan tempat perlindungan di sebuah kamp pengungsi di Unchiprang dekat kota Teknaf, perbatasan Bangladesh. (Foto AFP).
13

ANKARA (Arrahmah.com) – Turki berencana membangun kamp pengungsian untuk pengungsi Muslim Rohingya di Bangladesh, kata Presiden Recep Tayyip Erdoğan pada Jumat (8/9/2017), sebagaimana dilansir Daily Sabah.

Berbicara kepada wartawan menjelang kunjungannya ke ibukota Kazakhstan, Astana, Erdogan berharap bahwa KTT Organisasi Kerjasama Islam yang akan datang akan membuat suara dunia Muslim lebih keras terkait kekerasan di Myanmar yang memaksa puluhan ribu orang Rohingya mencari perlindungan di negara tetangga Bangladesh.

Menyoroti kondisi buruk kamp Rohingya di Bangladesh, Erdoğan mengungkapkan rencana Turki untuk memperbaiki situasi ini.

“Sayangnya, kamp tenda saat ini tidak dapat ditinggali. Dengan pengalaman kami di sana, kami berencana membangun tenda-tenda yang lebih aman dan dapat dihuni, jika pihak berwenang Bangladesh mau mengalokasikan area khusus untuk mereka,” kata Erdogan.

Erdogan. menambahkan bahwa beberapa perundingan informal dengan beberapa pemimpin negara terkait situasi Muslim Rohingya akan direncanakan di sela-sela KTT OKI di Astana.

“Mudah-mudahan kita akan membuat kemajuan dalam mengakhiri pertumpahan darah dan kekerasan selama KTT ini,” pungkas Erdogan.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...