Berita Dunia Islam Terdepan

AS janjikan dukungan penuh untuk pemerintah boneka Somalia dalam menghadapi Asy-Syabaab

Pejuang Asy-Syabaab. (Foto: Google)
11

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Amerika Serikat telah bersumpah untuk terus mendukung pemerintah boneka Somalia dalam menghadapi kelompok Asy-Syabaab.

Dalam sebuah pernyataan, AS mengatakan pasukannya akan terus “menggunakan semua tindakan resmi dan tepat untuk melindungi orang-orang Amerika dan untuk menonaktifkan ancaman ‘teroris'”, lansir Shabelle News pada Kamis (7/9/2017).

Ini termasuk bermitra dengan AMISOM (pasukan Uni Afrika), pasukan Somalia, yang menargetkan kamp pelatihan Asy-Syabaab dan tempat-tempat perlindungan mereka di seluruh Somalia.

Sebagai bagian dari dukungan tersebut, pasukan AS mengklaim pada Selasa (5/9) bahwa pihaknya berhasil membunuh tiga pejuang Asy-Syabaab dalam serangan udara.

Operasi tersebut terjadi di wilayah Bay Somalia, sekitar 7 km dari barat ibu kota Mogadishu.

“AS melakukan operasi ini untuk mendukung Misi Uni Afrika di Somalia (AMISOM) dan pasukan Somalia yang beroperasi di wilayah tersebut,” ujar pernyataan AS.

Selain AS, berbagai negara Afrika berkontribusi terhadap lebih dari 20.000 kekuatan yang kini dikerahkan di Somalia, di mana mereka terus terlibat pertempuran dengan Asy-Syabaab selama satu dekade terakhir.

Di Somalia, AS telah berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas tentara nasional. Mereka juga memberikan dukungan lain termasuk beberapa helikopter modern. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...