Menlu UAE mengklaim Qatar harus akhiri ketakutan para negara tetangga

58

ABU DHABI (Arrahmah.com) – Menteri Luar Negeri UEA untuk Urusan Luar Negeri Anwar Gargash mengklaim bahwa cara terbaik bagi Qatar untuk keluar dari krisis saat ini adalah dengan serius berupaya mengatasi ketakutan para tetangganya dari guncangnya stabilias mereka sebagai negara-negara berdaulat.

Saat berbicara dengan sekelompok editor pada akhir kunjungan dua harinya ke India, Gargash mengomentari tuntutan untuk menutup saluran televisi Al Jazeera dan mengatakan bahwa saluran berbahasa Arab mirip dengan stasiun penyiaran Brotherhood dan oleh karena itu merupakan “ancaman” nyata bagi “perdamaian”.

Iklan

Menurut kantor berita UEA WAM, Gargash meyakinkan pejabat India bahwa perkembangan saat ini di wilayah tersebut tidak akan mempengaruhi masyarakat India di negara-negara Teluk dan tidak akan mempengaruhi kepentingan ekonomi India di negara-negara ini, menambahkan bahwa keempat negara bagian, Arab Saudi, UEA, Bahrain, dan Mesir, tidak bermaksud untuk meningkatkan ketegangan di wilayah ini.

Selama kunjungannya, Gargash juga menanggapi ancaman yang ditimbulkan oleh “ekstremisme” yang berasal dari Qatar dan mengatakan empat negara “anti-teror” terkenal karena prinsip solid mereka yang termasuk tidak menggertak sebuah negara kecil.

“Qatar dianggap negara kecil tapi kaya. Itu menggunakan sumber keuangan untuk mendukung ‘terorisme’. Ini menunjukkan bahwa krisis bukan tentang konflik antara lima negara Arab karena beberapa orang mencoba untuk menunjukkannya,” klaimnya.

Gargash mengklaim Qatar adalah negara yang mendanai “terorisme” dan mencatat bahwa banyak “teroris” yang masuk daftar hitam oleh PBB dan AS, ditawarkan tempat yang aman oleh Qatar.

Dia mengklaim bahwa “terorisme” telah menjadi fenomena global dan orang tidak dapat mengatakan bahwa sebuah kota, baik di India, AS atau Eropa, aman dari ancaman “terorisme” internasional.

“Kami tidak bisa bersikap toleran dengan pendapat yang menyatakan bahwa sedikit ‘terorisme atau ekstremisme’ dapat diterima dan bertahan. Oleh karena itu, penting untuk bekerja untuk mengakhiri setiap ambiguitas seputar sikap menentukan dari ‘terorisme dan ekstremisme’, “katanya.

Gargash juga mengatakan bahwa Dewan Kerjasama Teluk membuktikan nilai yang menonjol bagi semua orang, menambahkan bahwa lebih baik Qatar tetap menjadi bagian dari sistem Teluk setelah kembali ke arahnya. (fath/arrahmah.com)

Iklan

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah