Berita Dunia Islam Terdepan

Somalia klaim bunuh petinggi Asy-Syabaab

60

Support Us

MOGADISHU (Arrahmah.com) – Somalia menyatakan pada Senin (31/7/2017) bahwa militer dan sekutunya telah berhasil membunuh seorang anggota senior Asy-Syabaab yang diklaim merupakan otak di balik sejumlah pemboman, Ahram Online melaporkan.

Kementrian Informasi Somalia mengklaim bahwa serangan militer di dekat kota selatan Torotoroow pada Ahad (30/7) telah membunuh seorang pria yang diidentifikasi sebagai Ali Mohamed Hussein atau Ali Jabal.

“Individu ini adalah bagian dari jaringan Asy-Syabaab yang bertanggung jawab dalam merencanakan dan melaksanakan beberapa pemboman di Mogadishu,” klaim kementerian tersebut.

Ini adalah serangan kedua yang dilakukan dengan tentara asing dalam dua bulan terakhir yang diklaim telah membunuh anggota senior Asy-Syabaab.

Seorang tentara Angkatan Laut AS SEAL terbunuh dan dua tentara lainnya terluka pada bulan Mei dalam sebuah serangan di salah satu persembunyian kelompok tersebut. Insiden ini disinyalir sebagai kematian pertama dari pihak militer AS di negara Afrika tersebut sejak insiden “Black Hawk Down” tahun 1993.

Somalia juga mengklaim bahwa kematian Ali Jabal akan “mengurangi kemampuan ASy-Syabaab untuk melakukan tindakan kekerasan terhadap Somalia, negara-negara tetangga, dan masyarakat internasional.”

Sementara itu, Mujahidin Asy-Syabaab belum memberi komentar terkait isu ini. (althaf/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah