Berita Dunia Islam Terdepan

Pentagon klaim kematian pemimpin IS Afghanistan

Gambar yang ditangkap dari video IS, sejumlah tentara menyeru Muslim untuk melepaskan passport mereka dan bergabung dengan negara Islam. (Foto: YouTube)
3

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Pasukan AS telah membunuh pemimpin kelompok afiliasi ISIS di Afghanistan dalam sebuah serangan awal pekan ini di provinsi Kunar, timur laut, klaim Pentagon, pada Jum’at (14/7/2017).

“Pasukan AS membunuh Abu Sayed, emir negara Islam Irak dan Suriah – Provinsi Khorasan (ISIS-K) – dalam sebuah serangan di markas kelompok tersebut di Provinsi Kunar, Afghanistan, 11 Juli,” kata juru bicara Pentagon Dana White dalam sebuah pernyataan.

“Serangan tersebut juga membunuh anggota ISIS-K lainnya dan secara signifikan akan mengganggu rencana kelompok ‘teror’ tersebut untuk memperluas kehadirannya di Afghanistan.”

Kemunculannya pertama kali pada tahun 2015, ISIS-K menyerbu sebagian besar provinsi Nangarhar dan Kunar, dekat perbatasan Pakistan, namun bagian mereka dalam konflik Afghanistan sebagian besar telah dibayangi oleh operasi melawan Imarah Islam Afghanistan.

Pasukan Afghanistan dan AS telah membunuh dua pendahulunya, Hafiz Saeed pada Juli 2016 dan Abdul Hasib pada akhir April tahun ini, kata Pentagon.

Abdul Hasib dan komandan teror lainnya tewas dalam serangan gabungan oleh tentara AS dan pasukan khusus Afghanistan.

Pada saat itu, militer AS telah mengatakan bahwa kematian Hasib akan “membantu mencapai tujuan menghancurkan IS pada tahun 2017.” (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...