Berita Dunia Islam Terdepan

PM Irak mengklaim Mosul telah merdeka dari ISIS

PM Irak diperkirakan akan membuat pengumuman resmi terkait direbutnya kembali kota Mosul dari ISIS pada Senin, 10 Juli 2017. (Foto: WSJ)
5

BAGHDAD (Arrahmah.com) – Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi pada Ahad (9/7/2017) tiba di Mosul untuk mengumumkan “kemerdekaan” kota tersebut dari Daulah Islamiyah atau yang lebih dikenal dengan ISIS, dan memberikan ucapan selamat pada militer Irak atas kemenangan mereka setelah sembilan bulan berkelumit dengan perang, lansir Wall Street Journal.

Pada saat yang sama, koalisi pimpinan AS menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan dua operasi di dekat Mosul yang menghancurkan 21 titik tempur ISIS. WSJ menambahkan bahwa kendaraan perang Humvee yang berpatroli di area tersebut berguling dari jalur listrik yang rusak, “yang merupakan indikasi buruk mengenai kemungkinan biaya tinggi untuk membangun kembali kota dan melanjutkan layanan dasar di Mosul.”

Laporan Reuters menambahkan, Abadi bertemu dengan komandan di Mosul barat yang memimpin pertempuran, namun dia belum mengeluarkan sebuah deklarasi resmi bahwa seluruh kota telah direbut kembali dari ISIS. Namun, Presiden Prancis Emmanuel Macron – yang negaranya merupakan bagian dari koalisi yang telah melakukan serangan udara dan memberikan pelatihan dan bantuan kepada pasukan Irak di medan perang, menyambut kekalahan tersebut. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...