Berita Dunia Islam Terdepan

Meresahkan, pihak berwenang Istanbul larang parade LGBT

Pawai LGBT
9

ISTANBUL(Arrahmah.com) – Pihak berwenang di kota Istanbul, Turki, telah melarang sebuah parade yang diselenggarakan oleh komunitas lesbian, gay, biseksual dan transgender lokal (LGBT) karena masalah keamanan, sebagaimana dilansir Al Jazeera, Ahad (25/6/2017).

“Pawai tersebut tidak akan diizinkan setelah mempertimbangkan keamanan warga, terutama para peserta itu sendiri, dan wisatawan yang akan berada di daerah tersebut,” kata gubernur Istanbul dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu (24/6/2017).

Rencananya parade LGBT akan digelar pada Ahad (25/6) di Jalan Istiqlal yang ramai di jantung kota terpadat di Turki.

Pernyataan tersebut tidak memberikan rincian lebih lanjut, namun berbagai kelompok di Turki, termasuk Alperen Hearths, sebuah organisasi pemuda loyalis Partai Great Union Union (BBP) telah mengancam akan turun tangan dan mencegah digelarnya parade tersebut.

“Bahkan jika negara mengizinkan mereka menggelar pawai, tapi kami tidak akan membiarkannya. Kami akan mencegahnya. Ke mana pun mereka berjalan, kami akan pergi ke sana dan memblokir jalan-jalan,” ungkap perwakilan Alperen Hearths di Istanbul kepada media setempat.

(ameera/arrahmah.cm)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...