Ultimatum Saudi cs kepada Qatar: Tutup Al Jazeera, batasi hubungan dengan Iran, tutup pangkalan militer Turki

Sebuah masjid yang berada di garis pantai di Doha, Qatar, 15 Juni 2017. (reuters)
20

RIYADH (Arrahmah.com) – Empat negara Arab yang menerapkan boikot terhadap Qatar telah mengeluarkan sebuah ultimatum yang berat kepada Doha, diantaranya adalah tuntutan untuk menutup televisi Al Jazeera, membatasi hubungan dengan Iran, menutup pangkalan Turki dan membayar denda, sebagaimana dilansir Reuters, Sabtu (24/6/2017)..

Arab Saudi, Mesir, Bahrain dan Uni Emirat Arab telah mengirimkan 13 butir daftar tuntutan kepada Qatar. Mereka memberi waktu 10 hari kepada Qatar untuk memenuhi tuntutan itu. Kuwait membantu menengahi perselisihan tersebut.

Seorang juru bicara pemerintah Qatar mengatakan bahwa pihaknya sedang mengkaji daftar tuntutan itu dan tanggapan resmi akan dibuat oleh kementerian luar negeri dan akan dikirim ke Kuwait sebagai mediator. Akan tetapi, dia menyebutkan, tuntutan tersebut tidak masuk akal.

“Daftar tuntutan ini membenarkan apa yang telah dikatakan oleh Qatar sejak awal, blokade ilegal ini tidak ada hubungannya dengan pemberantasan terorisme, ini tentang membatasi kedaulatan Qatar, dan mengalihkan kebijakan luar negeri kami,” kata direktur komunikasi pemerintah Qatar Saif al-Thani dalam sebuah pernyataan.

Menteri Luar Negeri Sheikh Muhammad bin Abdulrahman al-Thani mengatakan pada hari Senin bahwa Qatar tidak akan bernegosiasi dengan empat negara Arab tersebut sampai pemutusan hubungan ekonomi, diplomatik dan perjalanan dipulihan.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.