Saudi gagalkan upaya penyerangan masjid di Mekkah

Ribuan kaum Muslim terlihat melakukan shalat di Masjidil Haram (Foto: AAP)
18

RIYADH (Arrahmah.com) – Pasukan keamanan Saudi telah menggagalkan serangan bom bunuh diri di Masjidil Haram yang terletak di kota suci ummat Islam, Mekkah, dengan menikung calon penyerang di sebuah apartemen, di mana dia meledakkan dirinya, 9News melaporkan pada Sabtu (24/6/17).

Dalam sebuah pernyataan yang dibacakan melalui statsiun televisi pemerintah Al Ekhbaria, Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengatakan bahwa tiga orang telah merencanakan serangan terhadap para jamaah dan pasukan keamanan di masjid tersebut saat bulan suci Ramadhan mendekati puncak klimaksnya pada Jum’at (23/6).

Sempat terjadi baku tembak dengan pihak keamanan yang memicu bom meledak saat dia dikepung di lingkungan Ajyad al-Masafi, dekat masjid yang telah dijadikan basis serangan tersebut, demikian disampaikan kementerian tersebut.

Bangunan itu runtuh, melukai enam orang asing dan lima anggota pasukan keamanan.

Sebelumnya pada hari tersebut, pasukan keamanan telah menembak mati seorang pria yang dicari di tempat persembunyiannya di lingkungan al-Aseelah Mekkah. Kementerian tersebut juga mengatakan bahwa sel ketiga telah ditemukan di kota Laut Merah, Jeddah, namun tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Lima tersangka termasuk seorang perempuan telah ditangkap, katanya.

Al Ekhbaria menyiarkan cuplikan ibadah Muslim yang sedang sholat di masjid, tanpa gangguan.

Pada Mei tahun lalu, pasukan keamanan Saudi juga menembak mati dua orang yang diklaim pejuang ISIS, dan dua lainnya yang meledakkan diri di luar Mekkah. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.