Turki serukan dialog atas pecahnya Qatar dan negara-negara Arab

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu
13

ANKARA (Arrahmah.com) – Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan pada Senin (5/6/2017) bahwa dia merasa sedih dengan keretakan antara Qatar dan negara-negara Arab lainnya, dan menyerukan untuk melakukan dialog untuk menyelesaikan perselisihan tersebut.

“Kami melihat stabilitas di kawasan Teluk sebagai kesatuan dan solidaritas kami,” ungkap Cavusoglu dalam sebuah konferensi pers, sebagaimana dilansir Reuters.

“Beberapa negara tentu saja memiliki beberapa masalah, namun dialog harus berlanjut dalam segala situasi agar masalah dapat diselesaikan dengan damai. Kami merasa sedih dengan apa yang terjadi saat ini dan akan memberikan dukungan untuk pemulihannya,” tandas Cavusoglu.

Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab dan Bahrain memutuskan hubungan mereka dengan Qatar pada Senin (5/6).Mereka menuding Qatar mendukung “terorisme” dan hal ini menjadi keretakan terburuk selama bertahun-tahun di antara beberapa negara terkuat di dunia Arab..

Kementerian luar negeri Turki menegaskan bahwa solidaritas regional sangat dibutuhkan lebih dari sebelumnya di masa ketidakstabilan dan krisis yang mendalam di berbagai negara di kawasan ini.

“Turki siap melakukan apa yang diperlukan untuk menemukan solusi dalam waktu dekat atas keretakan antara negara-negara bersaudara ini,” pungkasnya dalam sebuah pernyataan.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.