Berita Dunia Islam Terdepan

Pendiri media ISIS dikabarkan terbunuh dalam serangan udara

Logo Media propaganda ISIS, Amaq.
9

DEIR EZ-ZUR (Arrahmah.com) – Sebuah serangan udara oleh koalisi pimpinan AS telah membunuh pendiri media propaganda ISIS, Amaq, di provinsi timur Suriah, Deir ez-Zoor, ungkap saudaranya dalam sebuah postingan Facebook pada Rabu (31/5/2017).

Reuters tidak dapat secara independen mengkonfirmasi apakah dia telah terbunuh. Tidak ada komentar langsung dari koalisi pimpinan Amerika Serikat melawan ISIS.

Sebagaimana dilansir Orient.net, postingan itu mengatakan bahwa serangan udara koalisi AS telah membunuh Rayan Meshaal dan putrinya di rumah mereka di kota al-Mayadeen. Aktivis oposisi Suriah telah membagikan berita tentang kematian Meshaal di media sosial.

“Saya mengumumkan kemartiran kakak laki-laki saya Baraa Kadek, yang dikenal dengan Rayan Meshaal dalam serangan udara oleh koalisi,” tulisan yang diposting di Facebook oleh saudara laki-lakinya.

ISIS sering mengklaim bertanggung jawab atas serangan di berbagai tempat melalui saluran Amaq di media sosial.

Rita Katz, direktur layanan pemantauan SITE yang berbasis di AS, mengatakan di Twitter bahwa sebuah serangan koalisi diduga telah membunuh Meshaal di Deir ez-Zur, lansir Orient.net.

Katz menambahkan bahwa Amaq telah “menunjukkan dirinya sebagai agen media negara ISIS” sejak didirikan pada tahun 2014 dan telah mengeluarkan klaim untuk setidaknya dua lusin serangan di seluruh dunia.

Milisi ISIS menguasai sebagian wilayah gurun timur Suriah yang luas dan sebagian besar provinsi Deir ez-Zur yang berbatasan dengan Irak, namun mereka telah mengalami kemunduran selama setahun terakhir.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...