Berita Dunia Islam Terdepan

Tutup tempat maksiat Alexis, Anis Baswedan: “Ada caranya”

Hotel Alexis. Foto: Yuotube
15

JAKARTA (Arrahmah.com) – Saat ditanya wartawan Warta Pilihan, “Bagaimana caranya menutup Alexis, susah atau nggak mas kira-kira?” Gubernur DKI Jakarta terpilih Anis Baswedan, menjawab. “Ada caranya,” katanya singkat usai mengikuti acara Tabligh Akbar dalam rangka memperingati Isra` Mi’raj Nabi Muhammad Shallalahu alaihi wa sallam dan tasyakuran kemenangan Gubernur Muslim Jakarta di Masjid Al Barkah, Tebet, Jakarta Ahad (23/4/2017).

Alexis adalah sebuah hotel di Jalan RE Martadinata, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Bangunannya mencolok di bagian atas dengan kelir warna kuning dan oranye. Di bagian depan hotel terlihat asri dengan taman kecil yang ditumbuhi aneka bunga dan pohon palem.

Kadisparbud DKI Jakarta Catur Liswanto tidak membantah adanya pelacuran di Alexis. Dia mengaku telah meninjau langsung ke sana.

“Saya tidak menyangkal adanya prostitusi di sana (Alexis). Seperti yang sudah diungkapkan Pak Ahok, faktanya ada hal itu terjadi. Kemungkinan adanya penyalahgunaan tempat spa menjadi prostitusi atau pijat plus-plus saya tidak menyangkal,” kata Catur saat dihubungi detikcom lewat telepon, Selasa (16/2/2016).

Dijelaskan Catur, pengamatannya, di Alexis ada tempat karaoke, bar, spa, dan kamar hotel. Di sana dia juga melihat ada wanita lokal dan asing.

“Mereka duduk-duduk di tempat. Ya seperti tempat hiburan pada umumnyalah. Saya melihatnya seperti itu,” ucapnya. Namun, menurutnya, saat meninjau lokasi, dia tidak melihat adanya praktik prostitusi itu secara langsung.

“Apakah ada pelacuran dalam konteks penyalahgunaan, prostitusi, bisa saja terjadi di sana. Kemungkinan terjadi itu ada, tetapi itu terjadi di kamar,” katanya. Menurutnya, sulit mengungkap adanya praktik prostitusi di tempat-tempat seperti spa, karaoke, atau hotel. Karena itu dia tengah membahas hal ini dengan jajarannya agar ada solusi.

“Kita mengalami kendala, kita tidak tahu apa yang terjadi, apakah ada prostitusi, karena terjadinya di kamar. Kami sedang bahas, cari masukan bagaimana melakukan pengawasan agar bisa efektif sehingga kita mendapatkan bukti yang nyata,” ucapnya.

Dalam debat Pilgub DKI 2017 di Hotel Bidakara, Jl Jenderal Gatot Subroto, Jakarta, Jumat (13/1). Anies Baswedan menyebut Ahok lemah dalam menertibkan prostitusi.

“Untuk urusan penggusuran tegas, tapi untuk urusan prostitusi, Alexis, lemah!” kata Anies, yang mengenakan peci hitam. Bila terpilih sebagai gubernur, dia berjanji akan tegas melakukan penindakan.

“Kita akan tegas menghadapi mereka (prostitusi, Alexis),” kata Anies disambut riuh suara pendukungnya.

(azm/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...