Berita Dunia Islam Terdepan

Presiden Jokowi sebut keluhan tentang Raja Salman hanya guyon

Presiden Joko Widodo
2
JAKARTA (Arrahmah.com) – Presiden Joko Widodo menyebut keluhannya tentang rendahnya investasi yang diberikan oleh Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al-Saud, ke Indonesia hanya guyonan.
Keluhan yang dimaksud adalah tentang kecilnya nilai komitmen investasi yang turut dibawa saat Raja Salman beserta rombongan mengunjungi Indonesia pada awal Maret 2017, yaitu Rp89 triliun. Padahal, kata Jokowi, ia sudah bersusah payah menunjukkan rasa hormat kepada Raja Salman dengan cara memayunginya hingga ia sendiri kebasahan.

“Enggak, itu kan kita sampaikan dalam forum yang santai dan cair. Guyonan,” kata Jokowi seusai meresmikan Masjid Raya Daan Mogot, Jakarta Barat, Sabtu (15/4/2017).

Jokowi bahkan mengakui, fakta investasi Arab Saudi yang tidak begitu besar di Indonesia harus jadi sarana introspeksi, kenapa bisa investasi Arab Saudi di Indonesia lebih kecil ketimbang di Tiongkok.

“Kenapa kita tidak bisa meraih jumlah yang lebih,” tutur Jokowi.

Saat menghadiri Haul Al-Marhumin Sesepuh dan Warga di Pondok Buntet Pesantren, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (13/4) lalu, Jokowi sempat mengungkapkan kekecewaannya soal besaran investasi Arab Saudi di Indonesia pasca kunjungan Raja Salman.

Jokowi mengaku kecewa karena Raja Salman ternyata melakukan investasi lebih besar ke Tiongkok jika dibandingkan dengan ke Indonesia.

“Padahal sudah saya payungi dan saya sopiri langsung, kok dapatnya lebih kecil. Saya kecewa, tapi sedikit,” tutur Jokowi.

Menurut Jokowi, Arab Saudi hanya berinvestasi Rp89 triliun ke Indonesia. Sedangkan di Tiongkok, Pemerintah Arab Saudi menanamkan investasi sebesar Rp870 triliun. Pernyataan Jokowi ini, sempat viral di media sosial.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...