Berita Dunia Islam Terdepan

Rusia bombardir Idlib dengan bom Napalm dan Fosfor

Kebakaran besar terjadi setelah jet tempur Rusia menjatuhkan bom Napalm di provinsi Idlib. (Foto: Zaman Alwasl)
1

IDLIB (Arrahmah.com) – Jet-jet tempur Rusia membombardir kota Saraqeb dengan bom Napalm dan Fosfor pada Ahad (9/4/2017), menurut laporan aktivis setempat.

Rekaman memperlihatkan kebakaran besar melanda daerah pemukiman di provinsi Idlib.

Penggunaan bom yang dilarang secara internasional terjadi setelah serangan misil AS menghantam pangkalan udara rezim Asad pada Jum’at (7/4), lansir Zaman Alwasl.

Pada Sabtu (8/4), sedikitnya 21 warga sipil gugur saat jet Rusia menghantam utara Idlib dengan bom cluster, ujar wartawan lokal.

18 orang tewas dalam serangan bom cluster yang menghantam kota Awarm Al-Joz dan tiga lainnya tewas saat Rusia menggempur Khan Sheikhoun di mana sebelumnya kota tersebut diserang dengan menggunakan gas sarin dan sedikitnya 100 orang tewas dalam serangan itu.

Di pedesaan barat Idlib, jet Rusia juga memukul kota Maerherma dan Basamis dengan bom fosfor.

Kota Al-Lataminah di pedesaan utara Hama juga dihantam serangan bom Napalm, menyebabkan kebakaran besar.

Idlib adalah salah satu benteng pejuang Suriah, termasuk faksi-faksi Jihadi yang ingin menggulingkan Bashar Asad dari kekuasaan.

Populasi Idlib membengkak setelah para pengungsi membanjiri provinsi tersebut, termasuk mereka yang telah meninggalkan daerah-daerah terkepung yang sebelumnya dikuasai oleh pejuang Suriah setelah tentara rezim dan sekutunya memaksa mereka untuk menyerah. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...