Berita Dunia Islam Terdepan

Wapres Amerika Serikat akan berkunjung ke Indonesia pada 20 April

Wapres AS Mike Pence.
3

JAKARTA (Arrahmah.com) – Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence dikabarkan akan berkunjung ke Indonesia pada 20-21 April dengan agenda utama memperkuat kerja sama bilateral strategis antara dua negara.

Pence dijadwalkan akan melakukan lawatan selama 10 hari ke empat negara di Asia Pasifik, termasuk Jepang, Indonesia, Australia dan Hawaii.

Menurut Gedung Putih, Pence akan bertolak tanggal 15 April.

“Wapres Mike Pence akan berada di Indonesia pada 20-21 April. Kunjungan itu menggarisbawahi betapa pentingnya hubungan Indonesia dan Amerika Serikat, mengingat kedua negara itu merupakan negara demokrasi terbesar,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir di Jakarta, Jum’at (7/4/2017).

Direktur Amerika I Kementerian Luar Negeri Adam Tugio menyebut kunjungan Mike Pence ke Indonesia sebagai bagian dari rangkaian lawatan Pence ke negara-negara Asia-Pasifik.

Indonesia adalah negara ketiga yang dikunjungi Pence setelah Korea Selatan dan Jepang. Setelah dari Indonesia, Pence akan melanjutkan lawatannya ke Australia.

“Dalam kunjungannya, Wapres Mike akan bertemu Presiden Joko Widodo lalu bertemu Wapres Jusuf Kalla dan Sekjen ASEAN,” ujar dia.

“Berdasarkan informasi dari Kedutaan Besar AS di Jakarta, Wapres Mike Pence juga akan melakukan pertemuan bisnis dengan para pengusaha nasional AS yang beroperasi di Indonesia,” tutur Adam.

Ini merupakan lawatan resmi kedua Wakil Presiden Pence ke Asia-Pasifik dimana ia akan bertemu dengan beberapa pemimpin untuk membahas aliansi militer, isu perdagangan dan ekonomi.

Lawatan Pence ke Korea Selatan dilakukan pasca peluncuran misil balistik Korea Utara di perairan di lepas pantai negara itu pada 5 April lalu, yang memicu peringatan dari Presiden Trump bahwa Amerika akan mengambil tindakan unilateral untuk mencegah agresi Korea Utara.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...