Berita Dunia Islam Terdepan

326 orang tewas di Nigeria akibat wabah meningitis

Para ahli mengatakan gejala yang paling umum dari penyakit meningitisi adalah demam, sakit kepala, dan leher kaku. (Foto: AA)
0

LAGOS (Arrahmah.com) – Jumlah korban tewas akibat wabah meningitis di Nigeria telah mencapai 328 jiwa, menteri kesehatan Nigeria mengatakan pada Sabtu (1/4/2017).

Prof. Isaac Odewole mengatakan Nigeria tengah berjuang melawan bakteri yang disebut meningitis tipe C, dan vaksin tidak tersedia untuk penjualan komersial.

Wabah sebelumnya adalah tipe A yang menewaskan sedikitnya 33 orang pada tahun 2016, tambahnya menteri itu dalam sebuah pernyataan.

“Vaksin hanya dapat dikirimkan ke negara oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), jika penyelidikan laboratorium menegaskan keberadaan jenis tipe C,” kata Odewole.

Ia mengatakan Nigeria tengah membahas bersama WHO, UNICEF, dan lembaga kesehatan internasional lainnya untuk penyediaan vaksin dan suntikan.

“Melalui inisiatif kami, kami telah mengamankan 500.000 dosis vaksin meningokokus dari WHO yang akan digunakan di Zamfara dan Katsina dengan tambahan 800.000 unit dari pemerintah Inggris,” kata menteri tersebut.

Meningitis merupakan pembengkakan selaput pelindung yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang yang dikenal sebagai meninges, dan biasanya disebabkan oleh infeksi dari cairan yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang.

Para ahli mengatakan gejala yang paling umum dari penyakit yang sangat menular ini adalah demam, sakit kepala, dan leher kaku. (fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...