Berita Dunia Islam Terdepan

Bekas komandan Serbia dipenjara atas pembantaian Srebrenica

Keluarga korban pembantaian Srebrenica berziarah di Potocari Memorial Center, Bosnia dan Herzegovina (Foto: AA)
5

BELGRADE (Arrahmah.com) – Seorang mantan pejabat tinggi militer Serbia Bosnia dijatuhi hukuman 11 tahun penjara pada Jum’at (31/3/2017) karena terlibat dalam pembantaian Srebrenica 1995.

Ostoja Stanisic, komandan Keenam Batalyon Brigade Zvornik Tentara Republika Srpska (VRS) dinyatakan bersalah di pengadilan Sarajevo karena membantu pembunuhan sekitar 800 orang di desa Petkovci.

Stanisic dituduh sengaja memberikan bantuan kepada anggota VRS rencana untuk secara permanen dan secara paksa mengusir warga sipil Bosnia dari zona aman Srebrenica PBB selama Perang Bosnia 1992-1995.

Hingga 40.000 warga sipil Bosnia dipindahkan dari Srebrenica; lebih dari 8.000 pria dan anak laki-laki kemudian dibunuh.

Wakil Stanisic, Marko Milosevic – tidak ada hubungannya dengan mantan pemimpin Serbia Slobodan Milosevic – dibebaskan karena kurangnya bukti. Kantor kejaksaan Bosnia mengumumkan akan mengajukan banding atas putusan ini.

Kasus terhadap Stanisic dan Milosevic dimulai pada Agustus 2012 dan memakan lebih dari empat tahun untuk mengakhirinya. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...