Berita Dunia Islam Terdepan

Turki akan mengirim 60 ton bantuan ke Somalia

Bencana kelaparan melanda Somalia akibat kekeringan yang berkepanjangan.
4

ANKARA (Arrahmah.com) – Bulan Sabit Merah Turki telah mengirimkan satu ton bantuan kemanusiaan ke Mogadishu, Somalia, pada Jum’at (24/3/2017), sebagaimana dilansir World Bulletin.

Duta Besar Turki untuk Somalia, Olgan Bekar, mengatakan bahwa Bulan Sabit Merah dan organisasi bantuan lainnya dari Turki akan memainkan peran utama dalam memerangi kelaparan di Somalia.

Bekar menambahkan bahwa Turki dan lembaga-lembaganya segera akan mengirimkan bantuan ke wilayah tersebut.

Mehmet Gulluoglu, direktur umum Bulan Sabit Merah, mengatakan bahwa pengiriman itu hanya sebagian kecil dari kampanye mereka di Somalia.

Gulluoglu menambahkan bahwa Turki bekerjasama dengan instansi pemerintah serta Komite Kekeringan Nasional Somalia akan mengidentifikasi daerah yang paling terkena dampak.

Memperhatikan peran bantuan Turki selama kelaparan yang melanda Somalia tahun 2011, Gulluoglu mengatakan bahwa Turki akan mengintensifkan upaya untuk mencegah situasi ini berubah menjadi krisis kemanusiaan.

Anggota Komite Kekeringan Nasional Somalia, Sheikh Nur Barud Gurhan, mengucapkan terima kasih kepada Turki atas bantuannya.

Menurut PBB, lebih dari 20 juta orang berada di ambang kelaparan di Afrika Timur, termasuk sekitar 1,4 juta anak.

Maskapai penerbangan nasiona Turki, Turkish Airlines, mengumumkan awal pekan ini bahwa pihaknya akan mengirim 60 ton bantuan kemanusiaan senilai $ 2 juta ke Somalia.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...