DHAKA (Arrahmah.com) – Sekelompok delegasi pemerintah Myanmar telah tiba di Cox Bazar untuk mengunjungi tiga kamp di mana Muslim Rohingya, yang melarikan diri dari penganiayaan di negara mereka sendiri, berlindung, lansir bdnews24 pada Senin (20/3/2017).

Tim yang terdiri 10 anggota tiba di kota wisata tersebut pagi hari pada Minggu (19/3) dan bertemu dengan wakil komisaris Cox Bazar, Md. Ali Hossain.

Dari sana mereka berangkat ke kamp Kutupalong di Ukhia, tujuan pertama mereka dalam kunjungan, menurut Ali Hossain.

Sekretaris Komisi Investigasi Myanmar, U Zaw Myint Pe, memimpin tim. Lima dari anggota tim berasal dari komite pemerintah Myanmar yang berada di bawah kecaman internasional untuk menyelesaikan masalah Rohingya.

Para pengungsi dari komunitas Muslim Rohingya melarikan diri Myanmar dalam menghadapi tindakan keras militer yang dimulai pada Oktober tahun lalu setelah serangan di pos pemeriksaan keamanan.

Menurut Organisasi Internasional untuk Migrasi, sekitar 70.000 pengungsi sejauh ini berlindung di dalam Bangladesh sejak saat itu.

“Mereka berada di sini untuk melihat nasib Rohingya. Kami juga membahas kemungkinan kerjasama ekonomi dan budaya antara kedua negara,” tambah Ali Hossain.

Dia mengatakan delegasi akan mengunjungi salah satu kamp di Balukhali di Ukhia dan satu lagi di Letah, Teknaf. (althaf/arrahmah.com)

Topik: , ,