MOGADISHU (Arrahmah.com) – Turki akan membuka pangkalan militer terbesar di dunia di Somalia pada bulan April. Prajurit dari Tentara Nasional Somalia dan tentara dari berbagai negara Afrika akan dilatih oleh Tentara Turki di Pangkalan yang sedang dibangun di Mogadishu itu, sebagaimana dilansir World Bulletin, Ahad (19/3/2017).

Presiden Recep Tayyip Erdogan dan Kepala Staf Umum Jenderal Hulusi Akar diperkirakan akan menghadiri pembukaan resminya

Menteri Pertahanan Somalia, General Abdulkadir Ali Dini, mengunjungi pangkalan militer tersebut pada Sabtu (18/3) bersama dengan seorang delegasi militer.

Menteri Dini, yang mengunjungi pangkalan miluter yang hampir rampung itu, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pihak militer dan dan rakyat sipil Turki atas persiapan pangkalan militer itu.

Presiden Somalia Muhammad Abdullah Muhammad ‘Farmajo’ men-tweet di akun resminya dan mengumumkan bahwa pangkalan militer akan segera dibuka.

“Pangkalan militer terbesar Turki di dunia hampir selesai. Tentara Somalia akan segera kembali kuat,” kata Presiden Farmajo.

Pembangunan pangkalan yang menelan biaya 50 juta dolar AS itu dimulai pada Maret 2015. Pangkalan militer ini akan memiliki kapasitas untuk melatih 500 tentara pada waktu yang sama.

Pangkalan militer ini berada dekat bandara Mogadishu dan berjarak tiga kilometer (1,8 mil) dari Rumah Sakit Recep Tayyip Erdogan dan Pelabuhan Mogadishu.
Pangkalan militer ini akan menempati tanah seluas 400 hektar serta dilengkapi dengan tiga sekolah militer, asrama dan depot.

Somalia dan Turki menjalin berbagai kerjasama. Turki memberikan Somalia bantuan militer, dukungan pendidikan, pembangunan infrastruktur dan pelatihan keterampilan.

(ameera/arrahmah.com)

Topik: , ,