Berita Dunia Islam Terdepan

Trump – Merkel akan bertemu pertama kali di Gedung Putih

Kanselir Jerman Angela Merkel memberikan pernyataan di Berlin (Foto: Reuters)
5

BERLIN (Arrahmah.com) – Presiden AS Donald Trump menyambut Kanselir Jerman Angela Merkel pada Jumat (17/3/2017) dalam pertemuan di Gedung Putih yang diperkirakan akan membantu menentukan masa depan aliansi transatlantik dan bentuk hubungan kerja antara dua negara.

Kedua pemimpin negara ini akan membahas pendanaan NATO dan hubungan dengan Rusia dalam pertemuan pertama mereka sejak Trump menjabat pada bulan Januari.

Merkel kemungkinan akan menekan Trump untuk memberikan jaminan dukungan bagi Uni Eropa serta minta AS untuk memberi komitmen dalam memerangi perubahan iklim.

Trump, yang pernah mengkritik Merkel karena memungkinkan ratusan ribu pengungsi ke Jerman selama masa kampanyenya, akan meminta Merkel untuk mendukung permintaan Trump agar negara-negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara membayar lebih untuk kebutuhan pertahanan mereka.

Merkel memiliki hubungan dekat dengan pendahulu Trump, yakni Barack Obama dan George W. Bush, dan dia cenderung mencari hubungan kerja yang kuat dengan Trump meskipun ada perbedaan kebijakan utama dan kecemasan di Jerman tentang mantan pengusaha New York tersebut.

Menurut laporan, Trump pun akan meminta Merkel memberi masukan tentang cara menangani Presiden Rusia Vladimir Putin.

“Presiden akan sangat tertarik untuk mendengar pandangan kanselir mengenai pengalamannya dalam berinteraksi dengan Putin,” kata seorang pejabat senior pemerintah AS pada wartawan.

Merkel juga cenderung menekan Trump tentang dukungan AS bagi keamanan Eropa, meskipun Wakil Presiden AS Mike Pence telah menyatakan jaminannya dalam perjalanannya baru-baru ini ke Eropa.

“Ada masih tersisa keraguan tentang … bagaimana AS memandang keamanan Eropa, dan apakah AS melihat keamanannya dan Eropa sebagai hal yang terkait dan tak terpisahkan,” Jeffrey Rathke, dari Center for Strategic and International Studies, mengatakan pada wartawan. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...