TOJO UNAUNA (Arrahmah.com) – Indo Ngasi (36) tergolek tak berdaya di lantai papan pondoknya. Janda beranak tiga warga Dusun Linte, Kab Tojo Unauna, ini sudah sepuluh hari terbaring sakit dengan perawatan seadanya. Pasalnya, hingga sekarang belum ada petugas medis walau seorang bidan sekalipun di dusun yang sangat terpencil ini.

Pemandangan menyesakkan ini dirasakan Marwin, Ketua Dewan Dakwah Kab Tojo Unauna, Sulawesi Tengah, kala membawa bantuan ke Linte di Desa Takibangke, Kec Ulubongka, Ahad (12/3/2017).

Dusun Linte dihuni sekitar 115 keluarga Suku Ta’a, dengan komposisi 70 KK muslim, 3 KK Kristen, dan sisanya penganut aliran kepercayaan Halaik. Warga umumnya petani jagung, kedelai, dan damar.

Untuk sampai ke kampung ini, Tim Dewan Dakwah dan LAZIS Angkatan Udara Touna menggunakan mobil dan kaki. Perjalanan dimulai dengan memacu kendaraan dari Kota Ampana menuju Desa Paranonge dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Dilanjutkan dengan naik perahu melawan arus Sungai Bongka selama kurang lebih 3 jam hingga ke bibir sungai menuju Dusun Linte. Kemudian berjalan kaki membelah semak belukar selama 1 jam hingga tiba di dusun.

Berjalan kaki membelah semak belukar selama 1 jam hingga tiba di dusun.

Di kampung ini, Tim menyelenggarakan sejumlah kegiatan sosial dan spiritual seperti pengajian maghrib dan shubuh, pembagian santunan, penyerahan bantuan untuk pembangunan masjid, pemberian buku khutbah setahun dan wakaf Al Quran tarjamah dari LAZIS Dewan Dakwah Pusat.

Marwin menuturkan, di Linte ada dua lembaga pendidikan yaitu SDN Linte Tua dengan jumlah siswa 105 dan SMP PGRI dengan 30 murid. Gurunya masing-masing berjumlah 6 dan 5 orang, dengan sebagian merangkap.

Derita Ny Indo Ngasi ternyata mewakili kepedihan kaum ibu Dusun Linte. Sebelumnya, ungkap Marwin, sudah 3 wanita setempat meninggal saat melahirkan karena tidak ada tenaga medis yang menanganinya.

‘’Dengan dukungan Anda, insya Allah kami akan rutin mengunjungi Dusun ini untuk membantu memperbaiki taraf hidup warga,’’ tekad Marwin.

Donasi kepedulian Anda, silakan salurkan melalui Rekening Kemanusiaan LAZIS Dewan Dakwah: 0184462114 (Muamalat), 3580080008 (BNI Syariah), atau Dewan Dakwah 860004229900 (CIMB Niaga Syariah). Informasi: 0858 8282 4343.

(*/arrahmah.com)

Topik: