TOKYO (Arrahmah.com) – Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud telah tiba di Tokyo pada Ahad (12/3/2017), dalam rangka kunjungan pertamanya ke Jepang oleh seorang raja dari negara kaya minyak itu setelah hampir lima dekade.

Raja Salman, yang akan mengunjungi Kaisar Akihito, (83) pada Selasa (14/3), melakukan perjalanan bersama dengan rombongan kerajaan yang diperkirakan berjumlah lebih dari 1.000 orang.

Menurut media lokal, sebanyak 1.200 kamar di hotel mewah di Tokyo telah dipesan oleh delegasinya untuk tiga malam hingga Rabu (15/3). Ratusan limusin telah dibawa ke Tokyo untuk mengakomodasi pengunjung.

Arab Saudi adalah penyedia ekspor minyak terbesar untuk Jepang, dimana Jepang bergantung pada Timur Tengah untuk energinya.

Jepang berharap dengan kunjungan Raja Salman bisa memperluas hubungan dengan Arab Saudi dan membantu Jepang dalam upayanya untuk melakukan diversifikasi ekonomi, termasuk mencari cara untuk meningkatkan investasi Jepang di sektor non-energi seperti manufaktur, ungkap pejabat.

Kedatangan raja Salman menandai kunjungan pertama ke Jepang oleh seorang pemimpin Saudi sejak kunjungan Raja Faisal ke Jepang pada pada 1971.

Raja Salman sendiri terakhir mengunjungi Jepang pada tahun 2014 saat menjabat sebagai putra mahkota.

Raja Salman sedang melakukan tur selama sebulan di Asia, yang telah membawanya ke Malaysia dan Indonesia.

etelah Jepang, ia dijadwalkan akan mengunjungi China dan Maladewa.

(ameera/arrahmah.com)

Topik: , , ,