Berita Dunia Islam Terdepan

Erdogan akan kunjungi Rusia untuk lakukan pembicaraan tingkat tinggi

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan
2

ANKARA (Arrahmah.com) – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan akan berkunjung ke Rusia Jumat ini (10/3/2017) untuk menghadiri pertemuan tingkat tinggi, kata Presiden Turki dalam sebuah pernyataan pada Selasa (7/3).

Dalam pertemuan tersebut, hubungan bilateral antara Turki dan Rusia diharapkan akan dibahas “secara luas”, kata pernyataan itu.

Dewan Kerjasama Tingkat Tinggi (HLCC) biasanya dipimpin oleh Erdogan dan Presiden Rusia Vladimir Putin, juga termasuk menteri pemerintah dari kedua negara.

Ia menambahkan bahwa para pemimpin akan bertukar pandangan mengenai isu-isu regional dan internasional, khususnya Suriah.

“Beberapa kesepakatan juga akan ditandatangani selama kunjungan, yang diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan hubungan Turki-Rusia,” katanya.

Pertemuan Erdogan-Putin terakhir diadakan pada Agustus lalu setelah Turki dan Rusia menyelesaikan dampak dari jatuhnya jet Rusia di perbatasan Turki-Suriah pada November 2015.

Sejak musim panas, Rusia telah mengendurkan sanksi yang dikenakan pada Turki dalam menanggapi insiden jet. Kedua negara tersebut telah bekerja sama untuk mendukung gencatan senjata dan memberikan solusi politik untuk konflik di Suriah.

Hubungan Turki-Rusia kembali diuji pada Desember lalu ketika Duta Besar Rusia untuk Truki Andrey Karlov ditembak mati di sebuah pameran seni di ibu kota Ankara. Namun Putin menyebut pembunuhan itu sebagai sebuah “provokasi” untuk merusak hubungan antara Turki dan Rusia serta merusak uapa untuk menyelesaikan krisis Suriah. (fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...