Berita Dunia Islam Terdepan

Penelitian Pew: India akan memiliki populasi Muslim terbesar dunia melebihi Indonesia pada tahun 2050

Studi Pew menggambarkan bahwa Muslim adalah kelompok agama dengan pertumbuhan tercepat di dunia.
12

NEW DELHI (Arrahmah.com) – India akan mengambil alih posisi Indonesia sebagai negara dengan jumlah Muslim terbesar pada tahun 2050, sementara umat Hindu akan menjadi penduduk terbesar ketiga di dunia pada saat itu, menurut sebuah studi baru oleh pusat penelitian Pew di Amerika Serikat.

Menurut data hasil prediksi profil agama yang dilakukan oleh Pew yang dirilis pada bulan Februari tahun ini, Muslim diproyeksikan tumbuh lebih cepat dari keseluruhan populasi dunia dan penganut Hindu dan Kristen akan mengimbangi pertumbuhan penduduk di seluruh dunia.

“India akan mempertahankan mayoritas Hindu – dengan populasi mereka meningkat menjadi 1,3 miliar – tetapi juga India akan memiliki populasi Muslim paling besar dibanding negara manapun di dunia, melebihi Indonesia,” kata laporan Pew, sebagaimana dilansir Khaleej Times.

Menurut Pew, pada 2011 Indonesia memiliki populasi Muslim sekitar 205 juta, sedangkan India sebesar 177 juta.

“Selama empat dekade berikutnya, orang-orang Kristen akan tetap menjadi kelompok agama terbesar, namun Islam akan tumbuh lebih cepat daripada agama besar lainnya,” tambahnya.

Penduduk Kristen di India, yaitu sebesar 2,5 persen dari total penduduk sekarang, akan berkurang 2,3 persen dari total penduduk pada 2050, lanjut laporan tersebut.

Menurut laporan tersebut, ada 1,6 miliar Muslim pada tahun 2010, dan Kristem berjumlah 2,17. Jumlah Muslim hampir akan sama dengan jumlah orang Kristen di seluruh dunia,” kata laporan itu. Jika tren ini terus berlanjut, Islam akan menjadi agama yang paling populer di dunia setelah 2070.

Proyeksi tersebut juga memperhatikan tingkat kesuburan, tren pertumbuhan penduduk usia muda dan data statistik konversi agama.

Populasi Muslim akan meningat ebih cepat meningkat dari 14,4 persen pada 2010 menjadi 18,4 persen dari total penduduk pada tahun 2050, menurut laporan tersebut.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...