Berita Dunia Islam Terdepan

72.000 warga Irak yang mengungsi kembali ke Mosul

Menurut PBB, sekitar 750.000 warga sipil di Mosul barat masih menghadapi krisis kemanusiaan yang serius. (Foto: AA)
4

MOSUL (Arrahmah.com) – Setidaknya 72.000 pengungsi telah kembali ke Mosul, Kementerian Migrasi Irak mengatakan pada Senin (6/3/2017).

“Jumlah orang yang mengungsi dari Mosul barat sekarang adalah 57.000, sedangkan jumlah pengungsi dari seluruh kota telah mencapai sekitar 287.000,” kata juru bicara kementerian Sattar Nowruz kepada AA.

“Telah ada pemulangan sukarela oleh pengungsi ke daerah yang baru dibebaskan, dengan setidaknya 72.000 kembali ke rumah mereka di Mosul timur,” katanya.

Nowruz menambahkan bahwa kementerian baru saja mengirimkan sebuah kiriman pertama yang berisi 35 ton makanan dan bantuan kemanusiaan untuk kabupaten Wadi Hajar di Mosul barat.

“Pengiriman pertolongan pertama ini akan diikuti yang lainnya, karena penduduk lokal di sana terus menderita parah kekurangan bantuan kemanusiaan,” katanya.

Menurut PBB, 750.000 warga sipil di Mosul barat sekarang menghadapi krisis kemanusiaan yang serius.

Bulan lalu, kelompok Oxfam yang berbasis di Inggris mengatakan kondisi kemanusiaan di Mosul barat telah memburuk secara tajam sejak rute pasokan dihentikan November lalu ketika tentara Irak merebut kembali bagian timur kota.

Pada pertengahan Februari, pasukan Irak, yang didukung oleh koalisi udara yang dipimpin AS, mulai beroperasi besear-besaran untuk membersihkan militan ISIS dari Mosul barat.

Serangan tersebut merupakan operasi yang lebih besar dari yang telah diluncurkan Oktober lalu untuk merebut kembali seluruh kota yang diserbu ISIS pada pertengahan tahun 2014. (fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...