Berita Dunia Islam Terdepan

Merkel akan kunjungi Washington Maret ini

Merkel akan kunjungi Washington Maret ini (Foto: Reuters)
3

BERLIN (Arrahmah.com) – Kanselir Jerman, Angela Merkel, akan berkunjung ke Washington pada tanggal 14 Maret untuk bertemu dengan Presiden AS Donald Trump. Pertemuan ini akan menjadi yang pertama bagi mereka setelah sebelumnya hubungan kedua negara sempat menegang karena ketidaksepakatan tentang perdagangan, larangan perjalanan Trump serta komentarnya tentang media.

Seorang pejabat AS mengumumkan kunjungan, yang datang sesaat sebelum pertemuan para menteri keuangan negara-negara G20 di Jerman, dan akan membantu meletakkan dasar untuk kunjungan Trump ke Jerman pada bulan Juli mendatang.

Trump dan Merkel mengeluarkan pernyataan bersama setelah melakukan pembicaraan melalui telepon pada bulan Januari, menggarisbawahi pentingnya aliansi NATO dan bersumpah untuk menjalin kerja sama yang lebih erat dalam rangka memerangi “terorisme”.

Beberapa hari kemudian, Merkel mengkritik tajam larangan sementara perjalanan Trump terhadap warga dari tujuh negara mayoritas Muslim. Dia juga berulang kali menggarisbawahi pentingnya kebebasan pers ketika ditanya tentang komentar negatif Trump soal media.

Merkel memiliki hubungan yang hangat dengan pendahulu Trump, Barack Obama.

Pertemuan antara Trump dan Merkel kemungkinan akan mencakup berbagai isu, termasuk ekonomi global, perdagangan, perang melawan Negara Islam, NATO dan hubungan dengan Rusia dan Cina. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...