Berita Dunia Islam Terdepan

Muhammadiyah akan keluarkan fikih tentang hoax

Foto Ilustrasi
4

JAKARTA (Arrahmah.com) – Ormas Islam Muhammadiyah berencana mengeluarkan fikih soal informasi sebagai langkah untuk menanggulangi maraknya berita bohong dan hoax yang beredar di masyarakat. Fikih tersebut akan segera dikaji oleh Majelis Tarjih.

“Sekarang kan memang berita hoax sudah luar biasa (banyak), maka insya Allah Tarjih akan mewacanakan fikih informasi,” kata Agus Tri Sundani, Wakil Ketua Lembaga Dakwah Khusus PP Muhammadiyah, di Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Rabu, 25 Januari 2016, demikian diberitakanTempo.

Kata Agus fikih tersebut akan berisi tentang tata cara menyampaikan dan menanggapi informasi dan berita. “Sehingga tidak menimbulkan bahaya yang besar,” ujarnya.

Dia menyebut peristiwa ketika zaman Nabi Sulaiman sebagai contoh bahayanya hoax. “Hampir terjadi perang besar kalau informasi dari pasukan burung itu tidak dikonfirmasi,” katanya.

Dia juga menerangkan, sebetulnya tentang hoax sudah ada dasar ayat dan hadisnya, tetapi belum ada fikihnya. “Seperti lebih baik diam daripada bicara yang tidak perlu,” ucapnya.

(*/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...