Berita Dunia Islam Terdepan

Jepang janjikan dukungan militer dan keuangan kepada Vietnam

6

VIETNAM (Arrahmah.com) – Perdana Menteri Jerpang Shinzo Abe mengatakan berjanji untuk memberikan bantuan keuangan dan kapal patroli militer kepada Vietnam.

Abe yang tiba di Vietnam pada Senin (16/1/2017), disambut dengan seremonial kenegaraan oleh Perdana Menteri Nguyen Xuan Phuc. Abe juga bertemu Sekretaris Jenderal Partai Komunis Nguyen Phu Trong, pemimpin de-facto negara partai komunis tunggal Vietnam.

Berbicara pada konferensi pers setelah pertemuan tersebut, Abe menjanjikan dukungan untuk meningkatkan kemampuan angkatan laut Vietnam di laut Cina Selatan.

“Jepang akan membantu Vietnam untuk memperkuat kapasitas maritim dengan memberikan Vietnam kapal patroli baru, atas permintaan dari Vietnam,” kata Abe yang juga mengumumkan telah memberikan pinjaman sebesar 130 miliar yen (atau setara dengan $1,05 miliar) untuk Vietnam pada tahun 2017.

Jepang sebelumnya telah memasok kapal patroli untuk penjaga pantai Vietnam.

Vietnam dan Jepang terkunci dalam sengketa maritim dengan Cina, yang mengklaim sebagian besar wilayah Laut Cina Selatan dan Laut Cina Timur.

Klaim teritorial ke perairan tersebut telah memicu kontroversi internasional dan menimbulkan kekhawatiran bentrokan angkatan laut. (fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...