Berita Dunia Islam Terdepan

Pakistan luncurkan aplikasi untuk membantu melindungi perempuan dari pelecehan

5

LAHORE (Arrahmah.com) – Pemerintah Pakistan meluncurkan sebuah aplikasi smartphone yang membantu perempuan untuk melaporkan insiden pelecehan kepada polisi. Aplikasi ini telah bisa digunakan di provinsi Punjab, salah satu wilayah yang paling tinggi kasus pelecehan terhadap perempuan, menurut laporan Reuters, sebagaimana dikutip Muslim Village pada Ahad (8/1/2017).

Hanya dengan menyentuh tombol, pengguna yang merasa terancam keselamatannya dapat dengan segera menghubungi tim respon darurat polisi yang bisa melacak keberadaan lokasi pengguna melalui global positioning system (GPS).

“Meskipun aplikasi ini utamanya mencakup pelecehan di jalan, tetapi ini juga memiliki feature bagi perempuan yang ada di dalam rumah dan menderita kekerasan fisik untuk meminta bantuan,” kata Fauzia Viqar, kepala Komisi Punjab pada Status Perempuan, sebuah lembaga yang mempromosikan hak-hak perempuan, yang telah terlibat dalam peluncuran aplikasi tersebut pada Kamis (5/1).

Dia juga mengatakan bahwa pengguna juga bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk mendandai lokasi-lokasi yang dirasa tidak aman dan mengakses Helpline bebas pulsa yang menyediakan informasi hukum-hukum untuk melindungi hak-hak kaum wanita di antara layanan lainnya. (siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...